"family outing to singapore" final episode

19 november 2010
okay, today is the last day for this trip in our mind ,,because we have another thing to do in the next day. but, some "accident" forced us to extend our trip 1 more day. i'll explain about the detail later :p
tidak banyak kegiatan yang kita lakukan pada hari ini, karena kita berencana kembali ke indonesia dengan flight pukul 16.30. dan hari ini merupakan hari jum'at, so ppa memutuskan untuk melakukan sholat jum'at terlebih dahulu di masjid di tampines,dekat apartemen kak kong.
kegiatan pagi ini diawali dengan bangun tidur, mandi, dan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi kompleks pertamanan disekitar apartemen. papa pun mengajak saya untuk turun dari kamar menuju taman, untuk sekedar melakukan sedikit refreshing setelah beberapa hari berada di pusat kota singapura
taman di sekitar apartemen sini tak banyak beda dengan taman di indonesia dari penampakannya. tapi ketika saya berada disini, saya amati banyak sekaliorang yang berolah raga di sekitar taman,, terutama lansia, mungkin karena mereka tidak memiliki kegiatan yang cukup berarti. karena seperti yang kita tahu. para pekerja dengan usia non-produktif (para lansia) hanya akan mendapatkan jatah pekerjaan kasar seperti, supir taxi, bagi2 selebaran, ngamen,cleaning service dll.
okay, back to garden.setelah menikmati pemandangan barupa taman hijau, para pekerja yang mulai berangkat ke kantor,, dan para lansia yang berolah raga. kami pun kembali ke kamar, karena kami berencana untuk keluar dengan niatan mencari sarapan di tampines mall. karena kemarin, waktu mama, ani dan kak kong kesana sendirian, mereka mendapati restoran favorit mama di singapura, yakni AYAM PENYET RIA
sesampainya di tampines mall pukul 10.00 am mendapati ternyata aypenyet ria masih melakukan persiapan untuk buka kedainya, seingga kami pun harus menunggu 30 menit untuk menikmati pedasnya sambal ulek dan ayam/lele yang menjadi tandemnya .saya pun memutuskan untuk berputar mall sendirian, sementara yang lain menunggu di foodcourt. setelah lele penyet saya selesai saya pun memutuskan untuk kembali ke foodcourt untuk menikmatinya
perut sudah terisi, dan wakt menunjukkan pukul 11.30, tandanya kita harus segera kembali ke apartemen, karena waktu sholat jum'at akan segera tiba.setelah mandi dan ganti pakaian kami pun berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat jum'at
sholat jum'at un selesai dilaksanakan pukul 13.00, kami kembali ke apartemen yang berjarak kurang lebih 200 meter dari masjid.kami melakukan final packing untuk kepulangan kami setelah memisahkan baju kotor, oleh2 dan baju bersih dalam koper yang berbeda kami pun segera memanggil taxi bandara yang mengantar kami dari bandara ke marina bay tempo hari
jam digital di hp pun menunjukkan pukul 13.45 ketika kami sampai di terminal 2 changi airport,setelah samapi kami pun bergegas untuk melakukan check in , .alangkah kagetnya saya ketika saya embaca di monitor bahwa nomer penerbangan kami dengan maskapai silk air waktu itu di ikuti dengan label "CANCELLED" .. WTF!!!!! saya langsung mendatangi counter silk air di bandara untuk menanyakan kejadian lengkapnya, tampak beberapa orang seperti saya yang sudah berada di counter dan m"mengintrogasi" petugas di counter tersebut.. kami mendapati seorang lelaki india berseragam silk air yang melawyani keluhan2 kami, orang tersebut berusaha menjelaskan bahwa keadaaan alam indonesia yang kurang baik pada waktu itu memutuskan silk air untuk membatalkan flightnya. berdasarkan keterangan mereka, salah satu gunung di jawa timur yakni gunung semeru mengalami "batuk" (mengeluarkan abu vulkanik). dengan alasan keselamatan akhirnya penerbangn di batalkan.
beberapa orang termasuk saya menanyakan apa kompensasi yang kita dapatkan dengan pembatalan penerbangan ini: pegawai tersebut memberikan beberapa alternatif :
1 ) mengikuti penerbangan selanjutnya, tapi dengan rute ke jkt, dan akan melanjutkan penerbangan ke surabaya dengan garuda pada esok harinya, tetapi kita tidak mendapat akomodasi di jakarta
2 ) melakukan penerbangan ke jakarta pada flight pertama besok pagi, dan connecting flight 2 jam kemudian ke surabaya via garuda. dengan akomodasi berupa hotel, transport, gratis tentunya
setelah berdiskusi cukup singkat,karena kamar hotel yang disediakan terbatas. kami memutuskan untuk memilih pilihan kedua. karena percuma kalau kita memilih pilihan nomer 1,tiba di surabaya tetap besok siang dan belum lagi memikirkan biaya hotel dll.kami pun menyerahkan passport dan tiket kami agar kami mendapatkan boarding pass untuk penerbangan esok hari, tak lupa akomodasi hotel dan transportasi yang dijanjikan.hehehehe
proses ini berlangsung cukup lama, karena penumpang pesawat yang lain mulai memadati counter ini, dan menanyakan hal yang sama secara berulang2 kapda petugas tersebut,, sehingga petugas tersebut harus melakukan 2 kegiatan sekaligus,,,antara mngisi data2 untuk penerbangan selanjutnya,, dan juga menjawap pertanyaan bertubi-tubi dari beberapa orang.karena ingin segera beristirahat,, saya pun membantu menjelaskan keadaan kepada beberapa penumpang
2-3 jam berada di bandara , kami mendapatkan "hak" kami berupa boarding pass flight singapore airlines SING-JKT,, garuda JKT-SBY, dan tanda bukti untuk pengurusan checkin hotel. hotel yang kami tempati kali ini adalah "river view hotel" tak jauh dari pusat kota.manururt pengalaman saya hotell ini merupakan hotel berbintang 4-5 .not bad lah, untuk mengurangi kekecewaan penumpang.
kami checkin di hotel sekitar pukul 18.30, dan kemudian mandi sebelum melanjutkan dinner di restaurant hotel. menu dinner di hotel ini bermacam-macam,mulai sushi, pork soup, sampai roti ada disini, untuk menghindari mengkonsumsi babi,kami memilih hidangan2 yang menurut kmi "aman", yakni roti, sushi, bubur, danjuice.kurang puas dengan makanan hotel,, kami pun memutuskan untuk keluar ke orchard road untuk mencari mkan. ayam penyet ria lagi2 menjadi pilihan kami,, tapi kali ini letaknya berada di lantai 4 lucky plaza.
pukul 21.30 kami memutuskan untuk kembali ke hotel.waktu yang cukup larut menjadikan antrian di taxi stand mulai panjang.karena sebagian toko di orchard road sudah tutup, smbari menunggu antrian tersebut, saya berniat untuk membeli kaos,karena saya kehabisan stok pakaian yang disebabkan extend 1 malam lagi di singapore .kaos polos seharga SGD $14/2pcs saya ambil sebagai pakaian saya esok hari. setelah itu kami pun kambali ke hotel dan beristirahat, karena flight besok pagi pukul 06.00,dengan kata lain kita harus check in sekitar pukul 04.00
20 november 2010
setelah tidur cukup pulas, kami terbangun pukul 3 pagi,,dan berangkat ke bandara pukul 4 pagi. disana kami mendapati beberapa "kawan seperjuangan" yang juga memilih pilihan nomer 2 kemarin. setelah checkin dan mengobrol sebentar kami pun masuk ke ruang tunggu
disinilah saya mulai merasakan kemegahan changi airport yang merupakan salah satu bandara terbaik di dunia, akses internet gratis, game centre, screen LCD raksasa yang memutarkan film box office,toko2 barang branded, cafe, sentra oleh2.. berceceran disini.sehingga waktu menunggu kami benar2 tak terasa disini
setelah waktu menunggu yang cukup menyenangkan, akhirnya kami pun melanjutkan penerbangan pukul 06.00 ke jakarta.. dan dilanjut dengan penerbangan menuju surabaya pukul 09.00.. tidak ada banyak cerita yang dapat saya beritahukan disini,, karena kita sama2 mengetahui kondisi bandara dan penerbangan di indonesia.
kami sampai di surabaya kurang lebih pukul 10.30, dan ritual kali ini dilanjutkan dengan mencari kuliner khas jawa timur, yakni soto gubeng pojok. setelah makan ,, kami kembali ke "istana negara" karang menur. sya berusaha untuk istirahat sebentar sbelum melanjutkan perjalanan naik kereta ke jakarta dalam rangka menghadiri PNMHII di universitas nasional jakarta..what a long trip :D