"jebakan batman" @gumarang

19-20 november 2010

pada post kali ini saya akan menceritakan mengenai pengalaman saya naik kereta eksekutif gumarang jurusan surabaya(gubeng) menuju jakarta dalam rangka mengikuti PNMHII di universitas nasional.terus terang ini merupakan longtrip pertama saya menaiki kereta eksekutif (long trip pertama saya waktu perjalanan ke lombok via sritanjung). tentu saja banyak sekali yang berdeda antara kereta sri tanjung dengan kereta gumarang.selain tempat duduk yang nyaman dengan space yang luas,, ruangan ber AC,, tersedianya stop kontak di masing2 tempat duduk,,bantal dan selimut gratis,dan lain2

selain beberapa perbedaan lain yang menurut saya "unik",, antara lain melonjaknya harga makanan di kereta ini,,selain itu banyaknya "jebakan batman".. saya sendiri kurang paham dari mana asalnya istilah ini, tapi kami menyebuitnya untuk hal2(fasilitas) yang memang sengaja tidak diberitahukan secara jelas, padahal fasilitas tersebut merupakan sesuatu yang berbayar ..ckuckuckuckucku

oke,, kali ini saya akan menceritakan mengenai jalannya trip ini beserta jebakan2nya :p..setelah saya sampai di surabaya pukul 13.00, dari trip family outing to singapore. saya segera packing kembali untuk kegiatan PNMHII,kami berkumpul di stasiun pasar turi pukul 16.30.dan kami berangkat dari surabaya kurang lebih pukul 5 sore.

masuk ke kereta, kami segera meletakkan barang bawaan kami dan duduk di tempat duduk yang telah tercetak di tiket ,tak lama kemudian kereta pun berangkat.karena ini merupakan kereta eksekutif,maka kereta ini tidak berhenti di setiap stasiun yang ada,, tidak seperti kereta sri tanjung yang low profile,karena pasti menyambung silaturahmi dengan semua stasiun yang dilewati..hahahahahahaha. 1 setengah jam berlalu, dan kita pun berhenti di stasiun babat,,desa tempat saya berasal :p.kereta berhenti sekitar 5 menit disini,dan perjalanan pun berlanjut kembali.

sepanjang perjalanan,, rombongan kami,, yang terdiri dari 10 orang tidak pernah berhenti bicara,, joke2 dari frandi,salman,dan nino beserta ritual NYACATI WONG membuat kami tidak berhenti tertawa.hal ini pula yang menjadikan perut kita cepat lapar.ketika sampai di stassiun cepu,counter donkindonuts terlihat sangat menggoda di mata kami, kami berniat untuk membeli makanan di luar kereta, dengan pertimbangan kereta ini akan berhenti agak lama.tapi petugas kereta mengeluarkan peringatan kalau kereta akan berangkat sesegera mungkin..karena takut tertinggal,kami pun mengurungkan niat tersebut,padahal, pada kenyataannya kereta tersebut berhenti kurang lebih 10 menit di stasiun cepu,, entah memang petugas tersebut "mengancam" agar kami membeli makanan kereta, atau karena khawatir kepada kami,, only god knows :D.

tak lama setelah melewati stasiun cepu,,kami pun tak kuasa untuk memebali makanan di kereta,berawal dari inisiatif cece dan afif untuk memanggil mbak2 yang dari tadi berputar di kereta ntuk menawarkan makanan.. for your information,mbak2 ini telah menawarkan makanan dan minuman tak lama setelah kereta berangkat dari surabaya, metode yang digunakan adalah berjalan mengelilingi gerbong dengan membawa nampan berisi nasi goreng maupun teh, tak lupa disertai senyuman khas spg dan berkata "nasi goreng mas??mau es teh ??" tanpa menyebutkan harga yang tergolong mencekik untuk ukuran indonesia.

setelah cece memanggil mbak tadi kami pun mendapatkan form pesanan makanan,beserta list harga yang sebenarnya..karena benar2 merasa lapar, akhirnya saya memesan nasi goreng dan segelas es teh dengan total cost Rp.17.000,-setelah makan malam jam menunjukkan pukul 10 malam , kami pun malanjutkan bercanda ,akan tetapi, keadaan yang semakin latrut menyebabkan salah seorang penumpang merasa terganggu dan menyindir kami dari kejauhan.karena, merasa tidak enak kami pun menghentikan bicara keras2 dan berusaha untuk mengistirahatkan tubuh.

setelah tidur cukup lama saya pun terbangun pukul 4 pagi,karena tidak mempunyai kegiatan yang berarti.saya mengutak-atik BB,dan memeriksa akun sosial network yg saya punya.tak lama kemudianbeberapa anak mulai terbangun dari tidur lelapnya.kami pun kembali bercanda . pukul 5 pagi merupakan waktu ketika kegiatan yang sangat menyakiti hati kami terjadi (lebay.com). muncullah 2 orang berseragam dengan membawa nampan berisi handuk panas, dan capit yang biasa dipakai di bread talk mulai menyebarkan jebakannya kepada kami.senyuman khas spb pun dikeluarkan sambil menwarkan handuk tersebut.sebelum orang tersebut sampai di samping kami,, beberapa dari kami pun berdebat ringan "apakah handuk tersebut gratis atau tidak!".perjalanan pulang saya dari singapore di hari sebelumnya menjadikan saya lengah dan tidak menyadari jebakan ini, karena pada hari sebelumnya saya kembali ke indonesia dengan flight pertama oleh singapore airlines saya mendapat fasilitas handuk dan makanan gratis di pesawat (ya iya lah... singapore airline gitu loooh ).

ketika petugas tersebut hampir sampai di samping kami, kami pun menutup debat ringan dan menghasilkan keputusan "HAANDUK TERSEBUT KEMUNGKINAN GRATIS" saya, nino dan salman pun meminta handuk tersebut sebagai ganti cuci muka.melihat beberapa orang di rombongan kami meminta handuk,, petugas tersebut langsung membagikan handuk ke satu rombongan UNAIR.bahkan handuk tersebut dilamparkannya ke tangan afif yang pada saat tersebut belum sadar 100%. karena kaget afif pun langsung bad mood..hal ini diperparah ketika petugas tersebut telah sampai di ujung gerbong, petugas lain yang bertugas untuk mengumpulkan handuk berjalan dari belakang dengan membawa uang seribuan di tangannya. firasat buruk pun terbukti, kami harus membayar uang sebesar 2.000 untuk menggunakan handuk tersebut.WTF!!!!

dengan perasaan dongkol dan sedikit merasa bodoh kami pun mengeluarkan uang dan segera membayar agar petugas tersebut segera berlalu, sebelum kami mengeroyok petugas tersebut karena merasa tertipu.hahahahahahahah

akhirnya kereta pun sampai di jakarta kurang lebih pukul 06.00. dan setelah berusaha menghindari jebakan2 batman berupa makanan,minuman,dan jebakan lainnya. kami pun terpaksa mengakui ketangguhan petugas handuk basah karena berhasil mengelabui satu rombongan unair...wkwkwkwkwkwkwkwk