"family outgoing to singapore" part 1

trip kali ini berawal dari rasa penasaran "aneh" papa yang ingin tahu bagaimana perayaan idul adha diluar negeri.. dan akhirnya menetapkan bahwa pada perayaan idul adha kali ini kami akan pergi ke negeri singa... entah bagaimana cara yang ditempuh oleh papa,, sehingga kami mendapatkan tiket gratis pulang-pergi dari nippon paint,,, thanks to nippon paint for that :D

sebenarnya ada sedikit dillema ketika ada usulan mengenai trip ini,, antara lain: pada hari2 tersebut merupakan hari diadakannya UTS,pada hari sabtunya mas kiki (kakak kedua ) ada wisuda dan keikutsertaan saya dalam PNMHII di Universitas nasional Jakarta. setelah mecocokkan jadwal ujian,, jadwal wisuda, dll.. akhirnya kami memutuskan untuk berangkat pada tanggal 16 november 2010.. satu hari setelah semua ujian tengah semester saya selesai, dan kembali pada hari jum'at (sehari sebelum wisuda & keberangkatan saya ke UNAS)

selasa,16 november 2010

keberangkatan trip kali ini bisa dibilang suatu anugerah bagi saya,, dimana jadwal keberangkatan hanya terpaut 1 hari dari hari terakhitr menjalani UTS di HI UNAIR.yaaa.... hitung2 jadi refreshing lah setelah penat memutar otak pada saat ujian :D. kali ini kami akan berangkat menggunakan peerbangan ruta SUB-SING via silkair (thanks to nippon paint again for this ticket),, mata pun terbelalak ketika saya melihat rincian penerbangan di printout ticket yang ada di tangan saya. di ticket tersebut tertulis 4 digit angka dalam pecahan dollar untuk harga/ticketnya,, labih tepatnya USD $700 (sekitar 6,3 juta).satu yang saya tahu pasti,, bahwa ini bukan merupakan tiket promo maupun tiket reguler,, karena ditiket tertera kalau kita dapat mempergunakan tiket tersebut sampai batas 30 hari setelah tanggal ditentukan (jadi, misal di tiket tertera tanggal kepulangan kita,,tetapi kita berencana untuk extend kepulangan kita,, maka hal ini tidak menjadi masalah oleh pemegang tiket ini) dan setahu saya tidak ada tiket reguler dari maskapai yang memberikan fitur tersebut . entah jampi2 apa yang digunakan papa sehingga kami berempat mendapatkan tiket semahal ini (total sekitar 20jt) gratis dari nippon paint,wakakakakakaka

kami pun berangkat pada pukul 8 pagi,, flight kali ini berangkat pukul 11.30.. tetapi karena berbagai kesalah pahaman antara papa dengan peraturanimigrasi yang ada pada saat itu, maka perjalanan kali ini pun mengalami sedikit masalah,,yakni papa yidak membaw NPWP untuk pebngurusan bebas fiskal.. kami pun memutar otak bagaimana caranya NPWP & KK yang berada di lamongan bisa sampai di tangan dalam waktu setengah jam.. berhubung peraturan hanya meminta untuk menyertakan FOTOCOPY dari NPWP dan KK,, maka kami memutuskan untuk mengirim data2 tersebut malalui FAX ke bandara,, setelah kami mendapatkan fax tersebut (yang dikirim ke sebuah kantor transportasi di bandara) kami pun segera melakukan check-in ke loket SILKAIR

setelah melakukan checkin, kami pun bergerak ke loket pengurusan fiskal, dengan membawa fotocopy NPWP , KK dan passport .karena terdesak kami memanfaatkan jasa fotocopy yang ddilakukan oleh petugas bandara dengan tariff 5000/lembar..wooowww prinsip aji mumpung benar2 dimanfaatkan oleh orang indonesia. sebelum mengurus fiskal,, pikiran kotor saya mulai berpikir mengenai birokrasi yg ribet ala indonesia,, tetapi pikiran ini terbuang ketika pengurusan fiskal hanya berlangsung selama 5 menit,, kami pu menuju ke bagian imigrasi.sebelumnya harus mengisi kartu imigrasi terlebih dahulu tentunya :p

jam menunjukkan waktu 11.15 ketika kami diminta untuk memasuki pesawat. penerbangan kali ini merupakan salah satu penerbangan paling nyaman yang pernah saya ikuti (selain naik royal brunei tujuan jeddah pada waktu umroh),, untuk penerbangan yang relatif singkat,, kami mendapatkan fasilitas berupa makanan (pada saat itu saya mendapat nasi lemak + lauk daging), minuman dann hiburan berupa tv yang berada diatas kepala kita.sehingga tak terasa kami pun telah sampai di bandara changi terminal 2.setelah itu kami pun melewati loket imigrasi tanpa suatu masalah apapun :D

setelah melakukan perjalanan singkat tersebut, kami memutuskan untuk nyemil terlebih dahulu di McD terminal 2, sambil menunggu kenalan kita yg bertugas menjemput di bandara..perut pun terisi dengan fried wing + Mc flurry, dan kami bergerak keluar bandara..tampak sesosok manusia berukuran besar yang mengahampiri kita, yaaa... itulah host kami kali ini di singapore, dan kami pun melanjutkan perjalanan ke hotel tempat kita tinggal,, "MARINA BAY SANDS"

sebelumnya report trip lebih jauh,, sya akan menjelaskanmengenai host kita,kita sehari-hari disana ditemani oleh kak faiza,, atau kami biasa memanggilnya "kak KONG" yang berasal dari kat KING KONG. karena tubuhnya yang berukuran tidak biasa bagi orang indo, hampir 2 kali lebih gemuk dari tubuh tambun saya :p.. biasanya , ketika kami berada di singapore kami akan menginap di apartemen kak kong di daerah tempanies,,tapi berhubung beberapa tahun ini apartemen kak kong digunakan sebagai koskosan, kami pun memutuskan untuk tidur hotel pada trip kali ini.. dan hotel spektakuler marina bay sands menjadi pilihan kali ini,, hotel yang baru ini terdiri dari 3 tower dengan konstruksi yang unitk,, yakni diatas ketiga tower tersebut dihubungkan oleh sebuah bangunan berbentuk kapal yang berisi kolam renang outdoor, jacuzzi, restoran, dll . rate yang kami peroleh pada saat itu seharga 2,6 juta/malam untuk ssebuah kamar tanpa breakfast,, cukup mahal saya kira.

sebelumkeluar bandara saya menyalakan BB yang telah saya bawa,setelah diperiksa ternyata saldo 20 ribu masih tersisa di nomor mentari,tatapi setelah 5 manit berjalan, dengan menerima 2-3sms dan mengecheck & update status FB pulsa tadi pun habis tak tersisa,,luarrr biasa :p..dari bandara kami memutuska untuk naik taxi premium bandara seharga 50 SGD untuk sekali jalan sampai marina bay,, mobil yang digunakan mungkin satu kelas dibawah toyota alphard :p. kami pun segera melakukan check-in ke hotel tersebut, dantak lama kemudian 2 kunci pun ada di tangan, masing-untuk papa +mama dan saya + ani (adik saya)

jam menunjukkan pukul 15.30 ketika kami memutuskan untuk keluar dari hotel menuju orchard road yang merupakan salah satu surga belanja di asia.belasan mall yang berisi barang2 branded dengan harga puluhan juta ada disini, dan merupakan salah satu spot yang paling dicari di singapore..

dari hotel kami memutuskan untuk naik taxi, karena ingin mendapatkan kenyamanan. tarif taxi pada saat itu sekitar SGD $ 8-10 untuk sekali jalan dari marina bay ke daerah orchard, dan diputuskan untuk berhenti di lucky plaza.. sesanpainya disana kami mampir dulu di sebuah steet hawker yang menjual macam2 gorengan (cumi,ayam,nugget,dll) seharga SGD 1-3/tusuk.. perjalanan pun kami lanjutkan menyelusuri serangkaian mall yang ada disana,, mulai dari takashimaya, lucky plaza,, far east plaza ,dan mal2 yang lain.ada fenomena menarik ketika saya memasuki mal2 tersebut,,sering sekali terdengar bahasa indonesia berlogat jakarta di toko2 yang menjual barang2 branded tersebut,, benarkah ini penduduk indonesia yang katanya memiliki banyak sekali rakyat dibawah garis kemiskinan tersebut??

puas melihat-lihat barang branded di orchard road, kami pun bergerak menuju bugis junction,kali ini MRT merupakan transportasi yang kita pilih.dari orchard MRT station kami pun menuju ke bugis MRT station,dengan total biaya kurang lebih SGD2, salah satu pusat perbelanjaan terlengakap di singapore,mulai gantungan kunci seharga SGD10/18pc sampai sepatu2 dan kaos unik pun ada disini,disini kami berusaha mencari sepatu untuk ani yang notabene merupakan mayoret di eskul drumband di SD nya :p .karena tidak ada ukuran yang cocok ,kami pun melanjutkan perjalanan untuk mencari makan ,yaitu di KFC di dekat bugis junction

ketika berada di KFC tersebut, salah satu kejadian paling menggemparkan abad ini pun terjadi,, kami merasa janggal ketika memeriksa keungan yang dibawa,,ternyata di dompet uang sejumlah SGD $2000 lenyap.sambil berpikir kembali ,kami pun menuju ke money changer untuk menukarkan sejumlah uang US dollar yang terlah disiapkan untuk jaga2.rasa bingung ini pun berlanjut sampai ke hotel,, rasa gelisah,tidak tenang membuat makan malam kali ini berkurang kenikmatannya,, akhirnya kami pun menelepon orang rumah (babat &surabaya) perihal uang tersebut.yang akhirnya diketahui bahwa papa secara tidak sengaja memisahkan sebaghian uang tersebut dan meletakkannya di brankas rumah. dan masalah terbesar abad ini pun berlalu :p

tak lama kemudian hp pun berbunyi, menandakan bahwa saudara mas irul yang bertugas untuk mengirimkan iphone4 titipan mas irul telah tiba di lobby hotel, saya dan kak kong pun langsung turun ke lobby untuk menmuinya.. setelah berbasa-basi sebentar dan iphone berada di tangan kami pun kembali.sebelum kembali ke kamar kami mampir dulu ke bagian concierge hotel untuk membook tiket USS yang akan digunakan pada esok hari, setelah sampai kamar pemandangan marina bay dari kamar menarik perhatian saya yang kemudian mengambil kamera dan tripod untuk mengambil beberapa gambar dari lantai 29 kamar kami :D...setelah itu, kami pun memutuskan untuk tidur pulas

untuk info & tips saya akan membuat catatan tersendiri nanti :D