mau punya passport??? bikin sendiri aja !!!



pada awal januari saya teringat akan masa berlaku passport yang segera habis,, tepatnya tanggal 11 may 2011, muncullah niat untuk melakukan perpanjangan passport ,, apa lagi dengan adanya rencana trip ke singapore pada bulan maret 2011, semakin mendorong agar segera memperpanjang passport , karena peraturan keimigrasian mayoritas negara yang tidak mau memberikan izin kepada pemegang passport yang masa berlakunya kurang dari 6 bulan.

tetapi, rasa malas yang sangat besar kemudian menggoda untuk mengulur waktu pembuatan passport ini,, apa lagi didukung dengan habisnya masa berlaku KTP saya sejak bulan desember tahun lalu ,, mengenai proses pembuatan KTP bisa anda ikuti disini

18 februari 2008

so, setelah KTP udah ada di tangan ,,pada hari jum'at tanggal 18 februari 2011, saya melanjutkan proses pembuatan passport yang telah lama tertunda,, setelah menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk melakukan perpanjangan passport, antara lain :

-KTP

-KK

- akte kelahiran/surat nikah/ijazah terakhir (pilih salah satu aja)

-passport lama

pembuatan passport kali ini dimulai dengan melakukan registrasi online di website imigrasi indonesia,, masuk ke bagian pra permohonan passport,, setelah mengisi biodata yang diminta (nama,alamat, tanggal lahir, no KTP, dll) kita akan diminta untuk mengupload berkas-berkas yang telah dipersiapkan (KTP,KK,akte,passport lama)

INGAT scan berkasnya harus berupa GRAYSCALE dengan ukuran tidak lebih dari 300kB

setelah proses upload selesai , maka kita akan memperoleh bukti registrasi online yang harus kita print untuk dilanjutkan ke pendaftaran ofline di kantor imigrasi khusus waru, surabaya

sampai tahap ini proses registrasi onlen sudah selesai,,tepatnya pada hari jumat malam

21 februari 2011

dengan berbekal pengetahuan mengenai prosedur perpanjangan passport yang didapat dari internet,,akhirnya diputuskan untuk berangkat pagi pukul 06.15 ke kantor imigrasi waru (bagi yang tidak tahu, letak kantor imigrasi waru berada di dekat terminal purabaya,, lebih tepatnya disamping flyover dari arah sidoarjo,, jadi kalau dari arah surabaya cari putar balik setelah flyover)

tak lupa juga membawa survival gear yang akan digunakan untuk melakukan perpanjangan passport, antara lain :

- berkas-berkas yang dibutuhkan beserta fotocopynya masing-masing 1 lembar ( fotocopy harus menggunakan kertas A4,dan tidak boleh dipotong sama sekali)

-kemeja (persiapan buat foto passport di hari yang sama)

- MP3 player (untuk mengusir kejenuhan)

setelah mempersiapkan survival gear untuk menghadapi keimigrasian,, berangkatlah saya dengan motor kesayangan ,,( supra X 125 injection :p ) ke kantor imigrasi waru,, waktu tempuh dari rumah (daerah dharmawangsa) sampai imigrasi sebetulnya hanya memakan waktu 20 menit,, tetapi gara2 ga tahu letak kantor imigrasi , terlewat 1 kali yang menyebabkan harus putar balik di depan terminal purabaya,, dan sampailah di kantor keimigrasian waru pukul 06.45 WIB

setelah memarkir motor, berjalanlah saya ke arah koperasi untuk membeli map seharga Rp.10.000,- ,waktu jalan saya tengok ke dalam kantor imigrasi, sudah banyak orang mengantri di depan loket sampai ujung barisan berada di luar gedung imigrasi,,

TAPI TENANG SAJA , antrian tersebut hanya untuk pendaftar konvensional yang antri untuk memasukkan berkas di loket,, bagi pendaftar online langsung menuju lokat nomer 2 (loket via internet) jika sudah memiliki map dan mengisi formulir, berhubung map dan formulir belum ada di tangan .. berjalanlah saya ke arah kantin yang terletak di sebelah mushalla,, dan memesan secangkir kopi susu untuk teman nunggu koperasi dibuka.

pada pukul 07.35 koperasi dibuka,, bersegeralah saya ke koperasi dan beli map imigrasi, setelah map di tangan saya buka dan ternyata tidak ada apa pun di map,, formulir harus kita minta di bagian informasi secara CUMA2,,

setelah mengisi form imigrasi masukkan formulir tersebut beserta berkas yang telah dipersiapkan ( berupa foto copy dan berkas asli, dan bukti pendaftaran oline), kemudian berjalanlah menuju loket 2 , untuk memasukkan berkas yg dibawa, tampak beberapa orang antri di depan yang tidak lama kemudian antrian bertambah panjang yang di sebabkan oleh masuknya tante-tante girang yang menyerobot antrian, tepatnya pukul 08.30 berkas sudah berhasil dimasukkan,, dan disuruh untuk antri membayar ke loket 4

di loket 4 para pendaftar di panggil melalui pengeras suara,.so, be cautious !! jangan sampai nama anda terlewati,, stelah dipanggil bukti pendaftaran oline akan dikembalikan , yang kemudian harus kita masukkan ke loket 5 untuk mendapatkan nomer antrian pembayaran & foto,,dari loket 5 , saya mendapati secarik kertas bertuliskan C-113 yang merupakan nomer antrianuntuk pembayaran dan foto

krang lebih pukul 10.30 , nomer antrian c-113 muncul di LCD, yang berarti saya harus melakukan pembayaran di loket nomer 4,, biaya pembuatan passport kali ini adalah Rp.255.000,- ,, yang dilanjutkan dengan ritual lagi yakni MENUNGGU,, ketika ritual ini berjalan saya mengeluarkan senjata andalan yakni the kube MP3 player yang telah saya persiapkan di rumah..

tepat pada pukul 11.30 nomer antrian c-110 sudah tampak di LCD untuk melakukan foto & biometrik,, saya merasa bersemangat karena tidak lama lagi nomer saya akan dipanggil,, tapi harapan tersebut sirna ketika mengetahui kalo nomer tersebut merupakan nomer terakhir yang dipnaggil sebelum sitirahat siang

setelah menunggu kurang lebih 1 jam akhirnya nomer keramat tapak di LCD,, bagai orang yg mendapati nomer togelnya keluar,, syaya tersenyum puas selagi berjalan ke loket foto dan biometrik,, duduklah ane di depan petugas foto yang kemudian mengambil gambar wajah rupawan saya :p,, yang dilanjut dengan proses wawancara,jangan takut pada wawancara, gak ditanyain yg aneh2 kok,, kemarin sih kurang lebih begini :

petugas : nama lengkap ?

saya : andi firmansyah pak

petugas : alamat?

saya : karang menur 4/20

petugas : mau dipake kemana ini?

saya : liburasn ke singapore

petugas : kapan ?

saya: awal maret pak

THAT'S ALL,, kemudian pak petugas bermuka masam tadi menyuruh untuk membubuhkan tanda tangan di passport yang telah selesai terseut,, lalu berkata "passport selesai 3 hari kerja, ambil jam 3 sore"

berakhirlah petualangan saya di hari pertama pembuatan passport di kantor imigrasi waru,, dan waktu menunjukkkan pukul 13.00

24 februari 2011

hari yang dijanjikan telah tiba, pada kamis tanggal 24 februari 2011 telah tiba,, berangkatlah saya ke kantor imigrasi dengan membawa bukti pembayaran pembuatan passport,,waktu pada saat itu menunjukkan pukul 15.15 WIB dan saya langsung menuju ke loket 7 untuk melakukan pengambilan passport yang telah selesai diproses

sesampainya diloket 7 saya serahkan bukti pembayaran ,, yang kemudian dilanjutkan dengan ritual menunggu,, tak lama kemudian terdengar nama saa dikumandangkan,saya kembali keloket 7 untuk menandatangani formulir yang menandakan bahwa passport telah diambil,,kemudian ibu2 penjaga loket menyuruh untuk melakukan potocopy pssport yang telah jadi sebagai prosedur terakhir dalam pembuatan passport ini

dengan passport baru di tangan saya berjalan ke arah koperasi imigrasi untuk memfotocopy passport tersebut,, setelah selesai ,, kembali ke loket 7 untuk menyerahkan fotocopy tersebut

langkah terakhir yang harus dilakukan,, yakni mengeluarkan senyum kemenangan sambil berkata "TERIMA KASIH BU"

hahahahahahha

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 comments:

Meong Ndut said...

mbikin paspor iku sakjane cepet tapi digawe rempong.. aku lhu dateng jam 8 pulang jam 9 selama tiga hari.. khan kalo dijadiin sehari bisa 3 jam ajah --"

monyet21 said...

HAHAHHAHAHA

its all because
"the power of google" :p

Annesya said...

horeee, akhirnya saya bisa follow juga! *dodol

monyet21 said...

@deva

selamat yaa.... :p

Post a Comment